Warugan Lemah
01. Ini warugan lemah. Inge(t)keun di halana, di hayuna. Na pidayeuheun, na pirembuleun, na piu(m)buleun.
02. Lamunna bahé ka ké(n)ca ngara(n)na Talaga Ha(ng)sa, asih wong sajagat. Panyudana pacar pimula di pahoman.
03. Lamu(n)na
bahé ka tukangeun na lemah, ngara(n)na Banyu Metu. Hamo jadian kanénéh.
Panyudana papatong di sakay, tanem di tengah dalem. Ajina: “Ong debi ma
Aji Batara mriwasa sohah!”
04. Lamunna
bahé ka hareupeun, ngaranna Purba Tapa. Pamalina gelem kahilangan suka.
Panyudana lalay perét tawur kara(n)cang teu(n)deun janari. Ajina: “Ong
paksa /1r/ ma guru pun. Pasaduan kami di na liga Si Jaja, liga Si
Jantri. Bawa tamah Batara Kala. Tinggalkeun sari ning lemah apan gawé
sang pandita.” Anggeus ma leupaskeun na lalay.
05. Lamu(n)na lemah bahé ka katuhu ma A(m)bek Pataka. Pamalina réa nu ngaduhung urang. Panyudana usar tanem di pahoman.
06. Lamunna
ngalingga manik ma na lemah kahaupan ku déwata. Panyudana ha(n)tiga
tikukur tulis , tanem di buda hireng di tengah dalem. Ajina: “Ong Sri …
Séda sohah!”
07. La(m)unna
motong pasir ma na lemah ngara(n)na Singha Purusa. Awét juritan,
pameunangna. Panyudana bubura muliya tane(m) di buruan. Ajina: “Ong /1v/
déwa manusa mrewasa sohah!”
08. Lamu(n)na
cai bécét ti ké(n)ca, cai gedé ti katuhu, ngaranna Sri Madayu(ng),
pamalina kapiduwa ku wadon. Panyudana haur geulis perelak di pahoman.
09. Lamunna
datar ma na lemah ngara(n)na Sumara Dadaya. Pameunangna gelem kadatangan
rama. Panglu(ng)surna tamiang nangguh jadi congona na prelak di
pahoman. Ajina: “Ong sakabéh aji Betara Sri sohah!”
10. Lamunna
lebak di tengah na dayeuh ngara(n)na Luak Maturun. Pamalina gedé
kabéngkéng. Panyudana bajra pimula di pahoman. Ajina: “Sri Sada Sohah!”
11. La(m)un sumalipat ma na dayeuh, pamalina usud kabeungharan. Panyudana po(n)doh perelak di tengah dalem teher ngaroc.
12. Lamunna
témbong ka laut ma ngara(n)na Tu(ng)gang Laya na dayeuh. Pamalina /2r/
paéh ku bajra dayeuhan dayeuh. Panyudana nyawung di tengah lemah poéna
tu(m)pek kaliwon.
13. La(m)un na
urut seuma na dayeuh ngara(n)na Mrega Hideng . Pamalina pades aweuhan.
Panyudana dangdeur pimula u(ng)gal juru dayeuh tawur u(ng)gal juru
dayeuh di puhunna. (Ajina): “Ong Pasaduan kami pun. Di sang ratu breco
na déwata kayu dangdeur pun. Maka hilang ikang tamah, maka ti(ng)gal
suka sohah.”
14. Lamunna
lemah ngang-ngang ka ké(n)ca ka katuhu ma ngaranna Jagal Bahu. Pamalina
pades aweuhan. Panyudana titiran huapan tumaleupaskeun ku wadon reujeung
deung lanang.
15. Motong cai
ma na dayeuh ngara(n)na Talaga Kahudanan. Pamalina paéh ku bajra bu ing
kalih. Panyudana ngaroc di tenga(h) cai, poéna tu(m)pek wagé.
16. Lamunna
dayeuh nukangkeun bukit, /3r/ pamalina rusak kulakadang. Panyudana
gogolang lima tu(m)pang di hulu dayeuh laukna gagak poéna Anggara Manis.
17. La(m)unna
katu(n)jang ku cai ma na dayeuh ngara(n)na Si Bareubeu. Pamalina
dipahala ku déwata. Panyudana gogolang purba désa, di tengah dayeuh.
Geus ma prelakkan budi na urut gogolang.
18. La(m)un le(m)bu(r) kakurung ku imah, pamalina hulun dayeuhannana. Panyudana wéra putih pisusupi basa dikuriak.
19. La(m)un
urut picarian kakurung ku imah, pamalina gelem duka. Panyudana hayam
nyileu(ng)leum peu(n)cit dibuang asakan deung telurna, hakan ku tujuhan.
Tuak saminggih suji picucu(n)duk aya nu nginum seungseurikeun.
/o////o/// Poé na Buda na Manis.
Terjemahan
1. Inilah
warugan lemah (bentuk tanah), untuk diingat dalam kesusahan dan
keselamatan. Ketika akan mendirikan wilayah, kampung, dan umbul.
2. Jika condong ke kiri dinamakan talaga hangsa, dikasihi semua orang. Untuk mensucikannya menanam pacar di tempat sesaji.
3. Jika tanah
condong ke belakang, dinamakan banyu metu. Tak akan menjadi apa yang
disayangi. Untuk mensucikannya capung yang ada pada kayu, disimpan di
tengah wilayah dalam. Ajiannya: “Ong debi ma aji batara mriwasa sohah!
4. Jika condong
ke depan, dinamakan purba tapa. Yang menjadikan tabunya adalah selalu
kehilangan rasa suka (orang lain). Untuk mensucikannya tunas perét
ditebarkan agak rapat, disimpan pada waktu dinihari. Ajiannya: “Ong
paksa /1r/ ma guru pun, pasaduan kami di na lingga si Jaja, lingga si
Jantri, bawa tamah batara Kala, tinggalkeun sari ning lemah, apan gawé
sang Pandita”. Setelah itu mulai tebarkan tunas.
5. Jika tanah
condong ke kanan dinamakan ambek pataka. Yang menjadikan tabunya adalah
banyak yang menyakiti hati kita. Untuk mensucikannya tanam usar di
tempat sesaji.
6. Jika tanah
ngalingga manik maka akan diperhatikan oleh dewata. Untuk mensucikannya
telur burung perkutut tulisi , kemudian tanam pada hari Rabu Wage di
tengah wilayah bagian dalam. Ajiannya: “Ong Sri … Séda sohah!”
7. Jika tanah
memotong bukit dinamakan singha purusa. Unggul dalam peperangan
bawaannya. Untuk mensucikannya tanam bubura muliya di halaman rumah.
Ajiannya: “Ong déwa manusa mrewasa sohah!
8. Jika sungai
kecil dari kiri, sungai besar dari kanan, dinamakan sri madayung, yang
menjadikan tabunya adalah dimadu oleh perempuan. Untuk mensucikannya
tanam haur geulis di tempat sesaji.
9. Jika tanah
mendatar dinamakan sumara dadaya. Keunggulannya senantiasa kedatangan
Rama. Untuk membuatnya turun adalah bambu tamiang nangguh yang mulai
muncul cungapnya tanam di tempat sesaji. Ajiannya: “Ong sakabéh aji
Betara Sri sohah!”
1. Jika
terdapat lembah di tengah wilayah (berceruk) dinamakan luak maturun.
Yang menjadikan tabunya adalah mendapat penderitaan besar. Untuk
mensucikannya tanam pohon aren? di tempat sesaji. Ajiannya: “Sri Sada
Sohah!”
2. Jika bentuk
wilayah melipat, yang menjadikan kesengsaraannya adalah berkurang
kekayaan. Untuk mensucikannya tanam pondoh di tengah wilayah bagian
dalam kemudian minum.
3. Jika wilayah
menghadap laut dinamakan tunggang laya. Yang menjadikan tabunya adalah
penduduk wilayah mati oleh halilintar. Untuk mensucikannya membangun
dangau di tengah tanah pada hari Sabtu Kliwon.
4. Jika wilayah
bekas kuburan dinamakan mrega hideng. Yang menjadikan tabunya adalah
kurang wibawa. Untuk mensucikannya menanam dangdeur di setiap pojok
daerah, ditabur di setiap pojok wilayah pada sumbernya. Ajiannya: “Ong
pasaduan kami pun, di sang Ratu Breco na déwata kayu dangdeur pun, maka
hilang ikang tamah, maka tinggal suka sohah.”
5. Jika tanah
menganga (terpisah) ke kiri dan ke kanan dinamakan jagal bahu. Yang
menjadikan tabunya adalah kurang wibawa. Untuk mensucikannya burung
titiran disuapi kemudian lepaskan oleh gadis bersama dengan jejaka.
6. Jika wilayah
memotong sungai dinamakan talaga kahudanan. Yang menjadikan tabunya
adalah mati oleh senjata (bajra) dari tanah orang lain. Untuk
mensucikannya minum di tengah sungai, pada hari Sabtu Wage.
7. Jika daerah
membelakangi gunung (bukit), yang menjadikan tabunya adalah rusak
hubungan keluarga. Untuk mensucikannya memasak lima susun di hulu
wilayah dengan daging gagak pada hari Selasa Manis.
8. Jika daerah
berada di bawah aliran sungai dinamakan si bareubeu. Yang menjadikan
tabunya adalah dihukum oleh dewata. Untuk mensucikannya memasak di depan
desa di tengah wilayah. Setelah itu tanami budi di bekas tempat memasak
tersebut.
9. Jika kampung
dikelilingi oleh rumah, yang menjadikan tabunya adalah penduduknya
menjadi budak. Untuk mensucikannya wéra putih disisipi ketika membangun
rumah.
10. Jika bekas
tempat kotor dikelilingi oleh rumah, yang menjadikan tabunya adalah
senantiasa berduka. Untuk mensucikannya sembelih ayam yang sedang
mengeram dibuat masakan beserta telurnya, kemudian makan oleh tujuh
orang. Tuak saminggih suji ketika ada yang datang kemudian minum,
tertawakanlah. Pada hari Rabu Manis.
==========================
Disadur dari :
Aditia Gunawan. Edisi cetak tersedia di Perubahan Pandangan Aristokrat
Sunda (Seri Sundalana 9, tahun 2010). Bandung: Pusat Studi Sunda.
Tidak ada komentar